Gulai telur ikan tongkol, sajian unik khas Minangkabau jadi favorit

- Senin, 16 Agustus 2021 | 08:00 WIB
bakewithmee__20210815_3
bakewithmee__20210815_3


Sahabat kulinear, sudah pernah dengar belum gulai telur ikan tongkol? Kalau yang biasa kita makan itu gulai berbahan dasar ayam, ikan, daging kambing, sapi, kerbau. Gulai merupakan sajian khas Nusantara khususnya di wilayah Sumatera. Bumbu gulai sudah tidak asing lagi untuk kita. Gulai memang identik dengan bumbu rempah yang kuat dan rasa yang gurih. Memiliki kuah yang kental dengan campuran santan dan bumbu rempah seperti kunyit, bawang merah, cabai merah, serai, jahe, ketumbar, jinten dan adas.





Jadi, bukan tanpa sebab jika masakan gulai sangat disukai penduduk pribumi dan populer. Hmm, tapi gimana ya dengan gulai yang berbahan dasar telur ikan? Apa rasa dan bumbunya juga sama kaya gulai pada umumnya? Kalau gitu, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.






https://www.instagram.com/p/CGeGvLQp4Vo/?utm_medium=share_sheet




Gulai telur ikan tongkol





Tidak hanya gulai daging yang biasa kita konsumsi, bahkan gulai telur ikan juga termasuk jadi makanan favorit lho. Entah itu telur ayam, telur ikan, atau burung semuanya enak. Tapi, disini menggunakan telur ikan sebagai gulai. Jenis ikan tongkol ini yang biasanya dimanfaatkan telurnya untuk dibuat gulai.






Pasti sebagian dari kalian jarang banget ya mengolah telur ikan, apalagi dibuat gulai. Kalau biasanya kan, cuman digoreng saja ya. Ternyata, memasaknya tidak sesulit yang kita bayangkan lho. Jadi, siapkan dulu bumbu halusnya, sama seperti yang bumbu gulai yang disebutkan diatas cuma ada tambahan seperti daun pandan, daun salam, jeruk nipis dan asam sunti. Selain santan, gulai telur ikan tongkol juga menggunakan kelapa sangrai.






Cara memasaknya yaitu bersihkan dahulu telur ikan tongkol lalu beri perasan jeruk nipis dan garam. Selanjutnya blender bumbu lalu ditumis hingga harum. Kemudian masukkan santan aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya masukkan telur ikan, tumis sampai agak kering. Setelah itu, baru tuangkan santan dan masak hingga matang.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X