Bubur kampiun Padang, banyak komponennya cocok sebagai takjil

- Senin, 16 Agustus 2021 | 10:00 WIB
resepjajananpasar_20210815_4
resepjajananpasar_20210815_4


Sahabat kulinear, penulis udah pernah nih review bubur yang berasal dari Jawa. Nah, sekarang saatnya kita bahas bubur yang nikmat khas Padang, namanya bubur kampiun. Bubur khas ranah Minang ini sangat cocok dikonsumsi sebagai sarapan, karena cukup mengenyangkan dan sehingga pas untuk beraktivitas seharian. Selain itu, bubur kampiun Padang ini sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa sampai acara adat Minangkabau seperti pesta pernikahan. Rasanya yang manis ini bisa banget membalikkan mood selama seharian lelah beraktivitas.





-




Bubur kampiun Padang aneka komponen





Bubur khas ranah Minang ini cukup punya banyak komponen yang dapat berpadu baik, sehingga menghasilkan sebuah hidangan yang nikmat. Sama seperti kebanyakan bubur dari daerah lain, bubur kampiun juga bercitarasa cenderung manis, gurih dan memiliki tekstur yang lembut di mulut.






Bubur kampiun Padang sendiri terbuat dari berbagai komponen seperti ketan putih kukus, bubur ketan hitam, bubur sumsum, lupis, kolak ubi atau pisang, bubur candil dan conde bubur dan kacang hijau. Setelah itu tinggal disiram dengan kuah santan, wah sepertinya aneka jenis bubur digabungkan, jadilah bubur kampiun ya hehe. Kompleks banget ya, duh jadi pengen nyoba nih.





-
bubur kampiun, foto: Instagram




Butuh keterampilan untuk membuatnya






Karena banyaknya komponen, para pedagang yang biasanya menjajakan bubur kampiun, juga ada yang tidak menambahkan bubur conde. Mungkin karena terlalu sulit dan lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat komponen sebanyak ini. Biasanya para pedagang membuat bubur ini sejak dini hari dan dijual pada pagi itu juga.





Komponen komplit ini pedagang membuatnya secara bersamaan. Sekitar 6 lebih jenis campuran yang harus dibuat, agar cepat matang diperlukan tungku api dan panci yang banyak pula ya. Jadi, diperlukan konsentrasi dan manajemen waktu yang baik untuk menghasilkan hidangan yang enak dan sesuai harapan.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X