Sashimi tuna khas Jepang dengan kearifan lokal bumbu Manado

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:00 WIB
saujeanette_20210817_11
saujeanette_20210817_11


Sahabat Kulinear, selain Sushi dan sashimi makanan khas Jepang, apa lagi nih yang kalian tahu? Kuliner populer dari Jepang ini keduanya hampir mirip yaitu menggunakan bahan ikan mentah. Yaps, apalagi kalau bukan sashimi tuna. Ingat ya shasimi dan sushi itu berbeda, kalian harus tahu nih perbedaannya agar nggak salah pesan saat di restoran hehe.






Perbedaan paling menonjol yang harus kalian ingat adalah kalau sushi komponennya menggunakan nasi, ikan mentah atau bahan dari laut serta sayuran. Selain itu, sushi penyajiannya digulung atau di roll dengan lapisan rumput laut atau Nori. Sedangkan sashimi memiliki arti potongan daging, biasanya yang digunakan adalah daging ikan mentah. Kemudian sashimi disajikan bersama shoyu, wasabi, irisan lobak dan jahe.






Kalau di sashimi yang terkenal di Indonesia lebih sering menggunakan potongan ikan tuna atau salmon. Tapi ada juga sashimi dari bahan laut lainnya seperti gurita, udang, dan cumi-cumi.





sashimi tuna bumbu Manado






Di Indonesia ada lho inovasi sajian sashimi tuna yang bumbunya khas Manado. Bahan-bahan yang digunakan juga khas Nusantara banget nih, ada bawang merah, cabai rawit, merica, jahe, bawang putih, kecap asin, kecap manis, kacang goreng, jeruk limau khas Manado, dan daun kemangi yang menciptakan rasa segar.






Cara membuatnya juga mudah lho, haluskan semua bumbu yang sudah disebutkan tadi. Kalau sudah halus lalu masukkan kedalam mangkuk, campurkan kecap asin, kecap, manis, perasan jeruk limau dan aduk hingga merata.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X