Onde onde rainbow, jajanan tradisional sejuta umat ternyata asli Tiongkok

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 10:00 WIB
bikinkuesimpel_20210817_7
bikinkuesimpel_20210817_7


Halo sahabat Kulinear, kali ini kita review jenis jajanan pasar yang terkenal di Indonesia. Kita main tebak-tebakan dulu nih hehe. Bentuknya bulat-bulat dengan isian kacang hijau yang telah dihaluskan, serta ada taburan biji wijennya. Yaps, jajanan pasar tradisional ini adalah onde onde. Tapi ada yang baru lho, biasa kan onde-onde berwarna kekuningan ya, tapi ini punya aneka warna yaitu onde onde rainbow.





Menarik untuk kita coba bukan? Warnanya yang seperti pelangi, bikin mata kita langsung tertuju pada kue goreng ini. Tak hanya di Indonesia saja lho, onde onde juga terkenal di luar negeri.





Pasalnya, dilansir dari Wikipedia onde-onde punya sejarah awal mula adanya kue ini. Tepatnya onde-onde asalnya dari Tiongkok yang ada sejak zaman dinasti Tang. Kemudian berkembang luas sampai ke Asia Tenggara dan Timur.





Diberbagai negara juga berbeda dalam segi penyebutannya. Di China Utara onde-onde disebut ma Yuan, kalau di Malaysia disebut kuih bom, Filipina menyebutnya butsi, kalau di Vietnam disebut bahn cam isiannya juga beragam seperti bihun, jamur dan ubi dan lain-lain.





Onde onde rainbow kekinian





-
onde onde rainbow. Foto: Instagram





Nah, sekarang kita bahas onde onde rainbow ya, dalam segi bahan juga sama seperti onde onde biasanya. Hanya saja, ada tambahan pewarna makanan yang menarik. Komposisi untuk membuat onde onde rainbow ada tepung ketan, gula pasir, kentang kukus yang sudah dihaluskan, sedangkan isiannya ada kacang hijau, santan, gula pasir dan garam.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X