Hidangan Khas Raja Ampat yang Wajib dicoba

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 16:00 WIB
Ikan kuah kuning
Ikan kuah kuning


Pada acara kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-76 ini, kurang menarik jika tidak berkunjung menikmati indahnya alam Indonesia kita. Salah satunya adalah menuju ke Raja Ampat Papua. Siapa sih yang gak tahu Raja Ampat? Salah satu pulau terindah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Alamnya yang mempesona dan udara yang sejuk, tempat ini wajib menjadi salah satu destinasi wisata alam. Selain karena keindahan alamnya, di sini juga ada beberapa hidangan Raja Ampat yang wajib juga untuk dicoba loh.





Sate Ulat Sagu, hidangan ekstrem Raja Ampat





-
sate ulat sagu, foto: instagram




Kuliner khas yang satu ini unik dan mengundang penasaran banyak wisatawan untuk mencicipinya meski cukup ekstrim, yaitu ulat sagu atau biasa disebut warga setempat sebagai “Koo”. Seperti halnya cacing laut, ulat sagu ini juga kaya akan protein dan rendah kolesterol. Koo bisa dimakan mentah-mentah atau dimatangkan dengan cara disate. Makanan yang satu ini diklaim dapat membuat tubuh lebih berenergi.





Bahan baku untuk membuat sate ulat sagu adalah ulat sagu dan sambal kacang atau kecap. Ulat sagu ditusukkan ke tusuk sate, setelah itu dibakar di atas bara api. Setelah matang, dapat langsung disajikkan di piring bersama dengan sambal kacang ataupun sambal kecap.





Papeda dan ikan kuah kuning





-
papeda ikan kuah kuning, foto : pinterest




Kuliner Papeda merupakan bubur sagu bertekstur lengket. Cara membuatnya sederhana, yakni dengan mencampur air mendidih dengan tepung sagu. Rasanya hambar, biasanya dicampur dengan lauk pauk dan sayuran.





Biasanya hidangan ini disajikan bersama masakan ikan kuah kuning sebagai pelengkap. Meski awalnya terasa canggung, beberapa orang diluar daerah Papua mengakui ketagihan dengan santapan yang satu ini. Beberapa jenis ikan yang umumnya digunakan dalam pembuatan kuah kuning adalah tongkol, mubara, kakap, tuna, ekor kuning dan beberapa jenis ikan laut lainnya.

Halaman:

Editor: Naila Maulida Ibriza - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X