Kue Kamir Pemalang aneka rasa, adaptasi kue asal Timur Tengah

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 16:00 WIB

Hallo semua, ada yang tahu nggak kue Kamir Pemalang? atau jangan-jangan baru denger pertama kali. Aduh, sayang banget kalau baru denger kue ini. Padahal kue Kamir enak, lembut dan manis lho. Tapi, nggak papa nanti aku bocorin bahan apa saja dan cara untuk membuat kue ini. Nah, sebelum itu kita bahas dulu apa itu kue Kamir khas kampung Arab Pemalang Jawa tengah.

Kue Kamir Pemalang

Dari namanya saja sudah bisa ketebak itu berasal dari mana. Jadi, gini temen-temen sesuai dengan namanya kue Kamir atau Khamir ini adalah adaptasi kue yang berasal dari Timur Tengah, orang-orang sering menyebutnya kue Kamir Arab.
Kamir dalam bahasa Arab artinya ragi, maklum saja kalau kue manis ini terbuat dari campuran ragi untuk pengembang adonannya.


Bagi masyarakat kampung Arab Pemalang kue ini bukan sekedar camilan biasa, tapi memiliki simbol kekeluargaan karena kue Kamir Pemalang kerap hadir saat acara adat di kampung tersebut. Misalnya acara pernikahan atau sunatan.
Kue Kamir punya dua jenis yang harus dicoba yaitu Kamir terigu dan Kamir beras. jenis kue Kamir ini menggunakan bahan yang berbeda, sudah pasti rasanya kedua beda pula.

Umumnya kue Kamir yang dijual di Pemalang menggunakan tepung terigu. Kue Kamir juga dijual sebagai oleh-oleh khas Pemalang lho. Cocok nih buat keluarga di rumah karena kue ini termasuk kue yang tahan lama.


 

kue kamir. Foto: Instagram

Aneka varian rasa kekinian

Tidak berhenti di situ aja, kue Kamir juga ada banyak varian rasa yang kekinian. Topping-nya ada keju dan cokelat, serta rasa strowberry, durian dan nanas.
Adanya aneka isian dan toping tersebut sukses menarik minat pembeli. Pasti udah nggak sabar buat eksekusi kue kamir ini. Tenang ya, bahan yang dibutuhkan cukup simpel yaitu tape, tepung terigu, ragi, gula pasir, mentega. Semua bahan tersebut dicampur dengan menuangkan air matang. Adonan tersebut harus didiamkan terlebih dahulu dengan memberi kain sebagai tutupannya.

Setelah adonan sudah didiamkan selama 9 jam, teksturnya akan mengembang dan lebih padat. Lalu siapkan teflon cetakan bulat dan tuangkan sedikit minyak. Setelah panas baru masukkan adonan tadi, jangan lupa dibolak-balik ya. Kalau sudah matang kue ini akan berwarna kecokelatan. Nah, tinggal disajikan dengan memberi aneka toping dan isian rasa buah kesukaan kalian, lezat deh.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X