Nasi cikur Tasikmalaya sensasi kelezatan menu legendaris

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 14:00 WIB
ellaafasqi_20210825_0
ellaafasqi_20210825_0


Hallo sahabat kulinear, ada menu nasi yang legendaris yang harus kalian cicipi. Kalau biasanya sehari-hari kita makan dengan nasi putih biasa. Tapi kali ini ada yang unik, nasi berwarna kekuningan yang mengarah ke warna orange. Tapi ini bukan nasi kuning yang terbuat dari kunyit ya, melainkan menggunakan campuran kencur.
Mau sarapan, makan siang ataupun makan malam menikmati nasi cikur Tasikmalaya bisa jadi solusinya. Dijamin mengenyangkan dan bikin nagih pastinya.





Nasi cikur Tasikmalaya





Sahabat, nasi cikur Tasikmalaya termasuk menu legendaris yang berasal dari Priangan timur. Kuliner ini merupakan olahan nasi yang diolah dengan tambahan cikur atau kencur.





Nama ini diambil dari kencur muda yang digunakan sebagai bumbunya.
Untuk membuat nasi cikur juga nggak terlalu ribet kok, kalian pun bisa buat sendiri nggak perlu beli.






Proses pertama yaitu membuat nasi seperti pada umumnya. Kemudian nasi tersebut diberi ulegan bumbu rempah-rempah yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan kencur. Rempah jenis kencur juga sering digunakan pada masakan seperti pecel sambal kacang.





-
nasi cikur. Foto: Instagram




Cikur membangkitkan selera makan





Sahabat kulinear, seperti bumbu rempah lainnya, kencur juga punya banyak manfaatnya lhoh, salah satunya dapat meningkatkan nafsu makan.
Bagi masyarakat Jawa atau Sunda cikur dipercaya dapat membangkitkan selera makan, itulah sebabnya cikur sering digunakan sebagai bumbu nasi goreng, atau nasi kuning.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X