Olahan sambal serba teri yang bervariasi dan bikin ngiler

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 21:00 WIB
194987373_489825899017837_8545225538690288239_n
194987373_489825899017837_8545225538690288239_n


Citarasa pedas yang ada pada makanan bisa menggugah selera makan. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara dengan olahan sambal yang sangat bervariasi. Bahan yang sering digunakan pada olahan tersebut adalah teri. Makanan teri sendiri memiliki banyak variasi seperti sambal teri kacang, teri nasi, teri pate, teri kelapa, dan lombok ijo. Pecinta pedas dengar namanya saja pasti sudah ngiler. Macam-macam sambal bisa kamu ketahui berikut.





Olahan sambal teri kacang





Sambal teri kacang menggunakan bumbu seperti kacang tanah yang digoreng dan dihaluskan. Ada juga yang disajikan menggunakan butir kacang utuhan tanpa proses dihaluskan sama sekali. Sedangkan bahan lain yang familiar digunakan untuk memasak sambal adalah daun jeruk, lengkuas, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam. Proses memasaknya juga sangat mudah dan tidak perlu repot-repot buat lauk lagi. Makanan ini mengandung protein tinggi yang berasal dari teri, sehingga cocok jadi lauk. Cita rasanya berbeda dari sambal teri biasa karena menggunakan bumbu kacang. Cocok dimakan bersama dengan rebusan sayur seperti bayam. Dimakan bersama dengan kerupuk juga sangat enak.





-
Sambal teri kacang. Foto: Instagram




Sambal teri nasi





Ikan teri nasi berbeda dari ikan teri pada umumnya. Ikan teri nasi memiliki ukuran yang lebih kecil dan warna yang putih. Dari segi harga ikan ini juga jauh lebih mahal dibandingkan ikan teri biasa. Pada saat akan memasak ikan ini diusahakan untuk menghilangkan rasa asin terlebih dahulu dengan cara dicuci menggunakan air biasa. Memasak teri nasi juga harus dilakukan ekstra hati-hati, karena tekstur yang lebih empuk. Ikan teri nasi punya penggemar yang juga cukup banyak.





-
Sambal teri nasi. Foto: Instagram




Olahan sambal teri pete





Pecinta pete pasti tidak akan pernah melewatkan hidangan seperti sambal teri pete. Proses pengolahan pete yang tepat bisa memiliki bau yang tidak terlalu nyegrak. Cara pengolahannya adalah dengan membakar pete terlebih dahulu sebelum mulai memasak. Kamu bisa saja membakar petai bersamaan dengan kulitnya. Pengolahan berikutnya sama dengan membuat sambal pada umumnya.





-
Sambel teri pete. Foto: Instagram




Sambal teri kelapa





Variasi sambal teri kelapa memanfaatkan kelapa muda yang diparut. Kelapa muda tersebut memberikan cita rasa yang khas dibandingkan dengan sambal teri biasa. Proses memasak juga sama mudahnya, apalagi kelapa muda memiliki tekstur yang masih lunak. Sambal teri jenis apapun (teri biasa danteri nasi) cocok dimasak dengan menggunakan teknik ini. Kamu akan sedikit susah menemukan sambal teri kelapa dijual di warung makan. Jadi bagi yang ngidam pengen makan sambal teri kelapa perlu memasak sendiri.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X