Jongkong Bangka pencuci mulut atau takjil yang manis mirip bubur sumsum

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 20:00 WIB
emihacikenz_20210826_6
emihacikenz_20210826_6

Hallo sahabat kulinear, kita cobain makanan yang manis-manis yuk semanis yang baca hehe. jongkong bangka menu pencuci mulut ini sekilas mirip mirip bubur sumsum dan es karena disajikan menggunakan wadah seperti gelas. Tapi jongkong merupakan kue manis khas Bangka Belitung.

Jongkong Bangka menu takjil buka puasa

Sajian jongkong Bangka ini banyak diburu untuk takjil saat bulan Ramadan. Bahan untuk membuat kue ini yaitu tepung beras, tepung tapioka, pewarna hijau alami, daun Suji, kelapa muda, santan, gula merah. Kue ini memiliki perpaduan warna yang menyegarkan mata yaitu hijau cerah dan putih serta lelehan gula merah diatasnya.

Kalian penasaran bagaimana cara membuatnya, simak penjelasan berikut ini.
Kita buat adonannya terlebih dahulu ya, pertama siapkan wadah masukkan tepung beras, tapioka, air daun suji dan aduk rata. Lalu masak dengan api yang kecil sampai adonan mengental seperti bubur sumsum. Bedanya, bubur sumsum tanpa tepung tapioka dan pewarna.

-
jongkong khas Bangka. Foto: Instagram

Menggunakan pewarna alami

 

Sahabat kulinear, tepung beras dianggap lebih baik dibandingkan tepung terigu serta tidak mengandung gluten. Baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki intoleransi gluten. 100 gram tepung beras didalamnya mengandung 80 gram, karbohidrat, serat, kalori, protein, mineral dan lemak.

Pewarna alami seperti daun Suji atau pandan tentunya lebih baik daripada pewarna buatan. Daun Suji memiliki kandungan senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan dan kaya akan kandungan klorofil.

Bukan hanya itu saja, daun Suji juga bermanfaat untuk meredakan nyeri haid, jadi cocok dikonsumsi oleh wanita.
Temen-temen lapisan putih yang paling atas menjadi ciri khas jongkong bangka yaitu saus santan.

Saus ini terbuat dari santan dengan campuran kelapa muda dan garam, yummy gurih banget. Saus ini harus dimasak dahulu dengan menggunakan api kecil sampai mendidih. Agar santan teksturnya tidak pecah, pastikan kalian aduk terus menerus ya.

Untuk penyajiannya, siapkan wadah masukkan dahulu adonan hijaunya lalu tambahkan saus santan. Menyantap jongkong juga lebih lezat jika disiram dengan saus gula merah. Kombinasi rasa gurih dari saus santan, lembutnya adonan jongkong dan manisnya gula merah terasa seimbang dan pas.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X