Ayam Taliwang pedas khas Lombok, ayam bakar dengan bumbu Nusantara

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 18:30 WIB
sithoel_20210829_0
sithoel_20210829_0


Hallo sobat kulinear, gimana kabarnya di masa Pandemi sekarang ini? Semoga sehat semuanya ya. Nah, buat nemenin dimasa PPKM aku akan berbagi informasi seputar kuliner yang berbahan dasar ayam. Namanya ayam Taliwang pedas, kuliner ini terbuat dari bumbu khas provinsi nusa tenggara barat yang dilumuri di seluruh bagian ayam kampung ini dijamin seger banget. Kalian yang suka ayam berbumbu pedas bisa coba masak olahan ini di rumah, mumpung lagi PPKM kan.





Ayam Taliwang pedas khas Lombok





-
ayam bakar Taliwang. Foto: Instagram




Temen-temen ayam Taliwang pedas merupakan kuliner khas Lombok berbahan ayam kampung yang dibakar dengan bumbu khas Nusantara. Bumbu bakar tersebut terdiri dari ulegan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, gula merah dan perasan jeruk nipis. Semua bumbu tersebut diuleg lalu ditumis sampai matang. Nah nanti, bumbu tersebut akan dilumurkan saat memanggang ayam.






Menu ini sekarang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Lombok dan menjadi kuliner khas untuk wilayah mendapat julukan pulau seribu masjid ini. Cocok banget buat pelipur lapar dan pelipur kangen kampung halaman.






Lidah masyarakat Nusa tenggara barat memang cocok dengan kuliner pedas ini. Selain itu citarasa manis dan gurih menambah kenikmatan yang manjakan lidah kalian.





Asal-usul masakan pedas ini





Diambil dari nama sebuah kerajaan, sahabat Kulinear,walaupun menu ini terkenal khas dari Lombok. Tapi, sebenarnya nama Taliwang sendiri diambil dari nama sebuah kerajaan di pulau Sumbawa yang saat ini menjadi kecamatan Taliwang kabupaten Sumbawa barat.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X