Es tape ketan

- Senin, 30 Agustus 2021 | 22:41 WIB
17661822_1352708874775135_5149102953914695680_n
17661822_1352708874775135_5149102953914695680_n


Hallo sobat kulinear, negara Indonesia yang memiliki cuaca panas gini memang cocok jajan yang seger-seger. Tapi, apa ya kira-kira es seger yang ekonomis dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Kalau siang bolong kaya gini, mau jajan tapi males keluar. Tenang deh sahabat, gimana kalau kita buat sekarang aja yuk dengan bahan yang sederhana, yaitu es tape ketan. Kalau kalian punya bahan tape ketan bisa nih dicoba.






Oh iya sahabat, pasti kalian udah tahu kan tape yang terbuat dari singkong, rasanya yang asem cocok dibuat kreasi berbagai minuman. Biasanya tape juga menjadi campuran kolak untuk takjil. Selain itu, digoreng saja dengan tepung pun sudah enak, kalau di Jawa terkenal dengan nama rondo royal.





Sejarah Es tape ketan






https://www.instagram.com/p/CMYmb8zgCQ5/?utm_medium=copy_link
Es Tape Ketan. Foto : Instagram





Tape sendiri cukup terkenal di wilayah Asia tenggara. Nah, kalau di Indonesia awalnya tape ketan sudah dibuat sebagai sajian saat hari raya. Tapi, kali ini kita akan membahas es yang super segar buat lepaskan dahaga. Berbeda nih, kalau es di sini menggunakan olahan beras ketan ya bukan singkong.






Apalagi kalau habis makan yang pedes-pedes, kita ademin aja yuk dengan es khas Cirebon Jawa barat ini. Minuman ini tepatnya berasal dari desa Bakung. Kota Cirebon yang terkenal dengan udaranya yang panas emang paling top kalau jajan es ini. Lapak penjual es ini ramai banget di buru pembeli lho. Tidak heran sih, karena penjual es ini sudah beroperasi dan eksis sejak tahun 80-an, dan sekarang sudah masuk ke generasi kedua.






Dahulu mereka menjualnya secara berkeliling menggunakan sepeda, tapi sekarang sudah mangkal. Kenikmatan dan kesegaran es hijau ini sudah bisa kalian rasakan hanya dengan 2 ribu rupiah saja, murah dan nggak bikin dompet kering hehe.
Es tape ketan berisi macam-macam komponen yang sederhana yaitu beberapa kepal tape ketan, es batu dan air gula hasil fermentasi tape. Warna hijau cerah ini dihasilkan dari bahan alami, bukan berasal dari daun pandan melainkan campuran dari daun kelor.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X