Olahan vegan asal Indonesia yang sama enaknya dengan salad buah

- Rabu, 1 September 2021 | 21:16 WIB
155023565_726594578227060_2407136346576129348_n
155023565_726594578227060_2407136346576129348_n


Makanan vegetarian akhir-akhir ini menjadi semakin trending dikonsumsi masyarakat. Kesadaran masyarakat akan pentingnya vitamin dan mineral membuat mereka beralih makanan ke olahan vegan. Saat mendengar olahan vegan yang terbesit dalam pikiran pasti selalu salad buah. Padahal Indonesia memiliki puluhan makanan vegetarian yang bisa dikonsumsi. Cita rasa makanan khas Indonesia tersebut juga justru banyak diminati oleh masyarakat mancanegara. Macam-macam makanan tersebut yakni:





Olahan vegan, Pepes tahu dan jamur





Masakan pepes memang identik dengan isinya yang berupa ikan. Jika sedang tidak ada ikan, kamu bisa menerapkan pola makan vegetarian dengan mengganti isinya menjadi tahu maupun jamur. Harga tahu dan jamur juga jauh lebih murah dibandingkan dengan ikan. Sumber makanan tadi juga memiliki kandungan protein yang baik untuk pembangunan sel rusak. Proses memasaknya juga tidak menimbulkan banyak kolesterol, karena dikukus. Cocok untuk yang perhatian atas kesehatan diri melalui apa yang dikonsumsi sehari-hari.





-
Pepes tahu telur. Foto: Instagram




Pecel





Seorang vegetarian sekalipun tetap harus mendapatkan asupan protein. Asupan protein bisa diperoleh dari jenis jamur maupun kacang-kacangan. Contoh masakan Indonesia yang terbuat dari bahan tersebut adalah pecel. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari beberapa sayur pecel yang sering dipakai seperti timun, tauge, dan sayur bayam. Sedangkan sumber proteinnya kamu bisa coba mengkonsumsi tempe maupun dari bumbu pecel yang terbuat dari kacang tanah. Bumbu kacang tanah memberikan cita rasa yang gurih.





-
Pecel pakis Colo. Foto: Instagram @maroofhaseem




Sayur asem





Sayur asem juga terdapat isian yang lengkap untuk menutrisi tubuh. Di dalamnya terdapat kacang panjang, wortel, jagung, labu siam, dan lain-lain. Rempah-rempah yang digunakan juga cukup lengkap. Seringkali pada saat memasak juga ditambahkan kacang tanah yang bisa menjadi sumber protein tubuh. Sayur asem ini nikmat bila digado tanpa nasi sekalipun. Kamu bisa menjalankan pola makan vegetarian dengan mengkonsumsi sayur asem.





-
Sayur asem. Foto: Instagram




Olahan vegan, Sate jamur tiram





Makan sate tidak harus selalu terbuat dari daging. Kamu bisa mengkonsumsi sate yang terbuat dari jamur tiram. Mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini sudah pasti bisa memberikanmu protein dalam jumlah yang cukup. Apalagi masak sate jamur tiram yang melibatkan bumbu kacang yang juga mengandung protein nabati. Citarasa yang dihasilkan juga lezat. Namun setelah makan sate jamur yang dibakar, perlu mengkonsumsi susu maupun degan untuk menetralisir racun dari arang.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X