Es puter santan, es cream asli Indonesia dibuat dengan cara tradisional

- Jumat, 3 September 2021 | 08:00 WIB
info.bsd.gadingserpong_20210902_12
info.bsd.gadingserpong_20210902_12


Sahabat kulinear, cuaca terik emang cocok kalau makan es pinggir jalan sambil ngadem gitu deh. Indonesia yang memiliki cuaca yang panas, ide jualan es bisa kamu jalani. Selain tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu tinggi juga besar peluang larisnya, karena es sendiri target pasarnya tidak hanya anak kecil bahkan semua kalangan. Yang terpenting adalah kenali dulu minat masyarakat setempat atau target pasarnya terkait minuman yang akan kalian jual. Eh, kok malah ngomongin jualan, kita disini mau membahas es tradisional yang nggak hilang dimakan zaman yaitu es puter santan.






https://www.instagram.com/p/Blmu1tyhk31/?utm_medium=share_sheet
dessert tradisional. Foto: Instagram




Es puter santan dibuat tanpa mesin






Sahabat kulinear, selain terkenal karena keberagaman kuliner yang berat maupun ringan. Indonesia juga memiliki aneka minuman yang menyegarkan jauh sebelum es kekinian melanda. Es puter santan adalah salah satunya es cream khas dari Nusantara yang memakai santan kelapa sebagai bahan utamanya.





Penggunaan santan disini untuk menggantikan bahan susu yang biasa digunakan untuk membuat es cream. Selain itu, es teler menggunakan bahan-bahan alami seperti rebusan daun pandan. Sengaja menggunakan daun pandan alami daripada yang instan, karena tujuannya untuk memberi sentuhan rasa yang berbeda dan lebih wangi. Kelapa yang dipilih untuk membuat santan harus diperhatikan, tidak boleh yang terlalu tua dan muda.





Dibuat dengan cara diputar-putar






Teman-teman, dahulu orang-orang tidak mampu membeli es cream karena harganya yang mahal. Apalagi penggunaan susu hanya untuk kalangan tertentu saja. Maka, dicobalah menggantinya dengan santan. Ternyata, hasilnya tidak terduga justru lebih enak dan gurih lho.





Jangan lupa saring santannya agar tidak ada ampas yang tersisa, sehingga menghasilkan es puter santan yang lembut. Untuk memberikan sentuhan rasa manis tambahkan juga gula pasir.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X