Rujak gamel beda dari yang lain, segernya bikin mata melek

- Jumat, 3 September 2021 | 06:00 WIB
irfanqursyan_20210902_19
irfanqursyan_20210902_19


Halo sahabat kulinear, kita cari yang segar dan pedes-pedes yuk, dijamin bikin mata melek deh. Namanya rujak gamel khas Cirebon. Bagi para pecinta pedas pasti suka ya dengan kuliner rujak. Umumnya rujak tidak jauh dengan aneka buah-buahan segar dan sambal pedas dengan campuran gula merah. Tapi rujak gamel ini berbeda lho. Kira-kira apa yang membuat rujak gamel diburu para pembeli ya simak penjelasannya berikut ini.






Rujak gamel khas Cirebon





-
rujak khas Cirebon. Foto: Instagram




sahabat, rujak gamel berasal dari Cirebon Jawa Barat, tepatnya di desa gamel, kecamatan Plered. Itulah sebabnya, rujak ini dinamakan gamel. Kira-kira di wilayah kalian ada yang menjual rujak ini tidak? Yaudah nggak perlu khawatir karena siapapun bisa kok membuatnya sendiri.





Nah, untuk bahan-bahannya siapkan aneka rebusan sayuran seperti kol, kecambah dan kangkung. Selain itu juga ada mie kuning rebus, tahu goreng, mentimun dan gorengan. Serta dilengkapi dengan kerupuk teles atau kerupuk basah yang memiliki tekstur kenyal dan berbeda dari yang lain.





Kalau mau membuat sendiri bisa dengan bahan-bahan seadanya yang ada dirumah kalian. Walaupun nggak seperti rasa yang ada di Cirebon, tapi tetap enak deh kalau masaknya pakai hati hehe.





Ciri khas sambal yang pedas





Harganya juga murah cukup 10 ribu rupiah saja. Nah, yang menjadi ciri khas rujak unik ini adalah didominasi oleh penggunaan aneka cabai dan sambal terasi khas Cirebon, selain itu ada tambahan asam Jawa dan kecap manis yang membuat rasanya mantul, duh-duh seger. Sedangkan gula merah yang dipakai lebih sedikit, berbeda dengan rujak buah yang dominan dengan gula merah.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X