Indra penciuman hilang, kenali penyebab dan pulihkan dengan makanan

- Jumat, 3 September 2021 | 18:30 WIB
photo-1594137060156-c63571c9234a
photo-1594137060156-c63571c9234a


Indra penciuman berkaitan erat dengan kemampuan kita untuk mencium aroma dan merasakan suatu makanan. Jadi tidak hanya sekedar untuk menghirup bau saja. Namun ada beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang kehilangan indra penciuman sesaat. Istilah yang sering digunakan ketika kehilangan indera penciuman adalah anosmia. Penyebab anosmia tidak hanya disebabkan oleh Covid-19. Banyak penyebab lain yang bisa membuat kita kehilangan kemampuan untuk mencium suatu aroma. Kamu bisa simak penjelasannya berikut.





-
Gangguan indra penciuman akibat flu. Foto: Unsplash




Penyebab indra penciuman hilang





Merokok





Terlalu sering menghirup asap rokok atau merokok juga bisa membuat anosmia kambuh. Alasannya karena yang keluar dari rokok merupakan polusi udara dan berbahaya bagi tubuh. Kehilangan indra penciuman bisa berakibat buruk terhadap kesehatan. Kemampuan untuk mencium bau berguna menghindarkan kita dari bermacam-macam bahaya yang ada di sekitar. Berdasarkan hasil studi ahli THT bernama Jordan Teitelbaum, panasnya asap rokok yang disertai bahan kimia dapat merusak neuron yang berperan mengidentifikasi bau. Jika seseorang berhenti merokok atau mencium bau rokoknya, maka lambat laun neuron tadi akan menyembuhkan diri. Jika kebiasaan merokok benar-benar dihilangkan, maka seluruh sel yang mendukung juga akan berfungsi penuh lagi. Setidaknya proses penyembuhan akan memakan waktu selama 1 tahun.





-
Rokok. Foto: Unsplash




Obat-obatan tertentu





Beberapa penelitian sudah memberikan informasi mengenai obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab anosmia. Hasil studi tersebut disampaikan dan diterbitkan melalui world journal of Otorhinolaryngology Head and Neck Surgery. Setelah mengetahui efek samping dari obat tertentu bisa menghilangkan sementara kemampuan mencium, maka kamu tidak perlu panik. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan anosmia sesaat adalah antihipertensi, antibiotik, dan antihistamin. Kamu bisa membaca keterangan melalui label kemasan obat untuk mengetahui efek sampingnya. Biasanya gejala anosmia yang muncul akan hilang ketika pengobatan sudah berhenti.





-
Obat-obatan. Foto: Unsplash




Alzheimer





Beberapa penelitian juga berhasil menemukan bukti bahwa kemampuan mencium bisa berkurang ketika penderitanya mengalami alzheimer. Hasil penelitian diterbitkan di Biosensor tahun 2018. Penderita alzheimer akan mengalami anomali protein yang merusak bagian korteks pusat otak. Korteks pusat otak memiliki salah satu fungsi untuk mengenali aroma, sehingga berkaitan langsung dengan penciuman. Jauh sebelum didiagnosa mengalami alzheimer, seseorang bisa mulai mengalami anosmia.





-
Alzheimer. Foto: Unsplash




Makanan pengembali indra penciuman





Bawang putih mengembalikan indra penciuman





Dilansir dari CNN Indonesia, bawang putih dapat bertindak sebagai anti-inflamasi yang kuat terhadap tubuh. Kandungan itu akan membantu mencegah maupun mengurangi terjadinya pembengkakan pada daerah sekitar saluran hidung. Sifat anti bakteri di dalamnya bisa sekalian membantu membersihkan bakteri yang ada di saluran hidung.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X