Salted Egg Chicken Menjadi Kreasi Telur Asin Terpopuler

- Minggu, 5 September 2021 | 08:00 WIB
Salted Egg Yolk Chicken
Salted Egg Yolk Chicken


Makanan ini bernama “Salted egg Chicken”. Dinamakan demikian karena makanan ini terbuat dari potongan daging ayam dengan campuran saus telur asin. Saat ini, hidangan tengah popular dan menjadi incaran banyak orang. Bahkan, di aplikasi pemesanan online, makanan ini menjadi salah satu pencarian terbanyak kaum kulineran.





Sejarah kuliner ini





Kepopuleran salted egg ini muncul sejak  tahun 2016. Saat itu, sedang gencar-gencarnya berbagai macam hidangan yang ditambahkan saus telur asin, kemudian dijual diberbagai tempat. Untuk telur asin sendiri sudah familiar di temukan. Di Indonesia, telur asin masuk pada tahun 50-an. Saat itu, ada pasutri dari China yang Bernama In Tjiau Seng dan Tan Polan Nio yang mendirikan tempat makan telur asin pertama di Indonesia, tepatnya di daerah Brebes. Hal tersebut yang menjadikan Brebes terkenal karena Khas Telur Asinnya.





Dari berbagai macam kreasi yang diolah menggunakan saus telur asin, akhirnya muncullah kreasi yang memiliki inovasi baru Bernama “Salted egg Chicken.” Hidangan ini merupakan salah satu hidangan yang paling cocok di lidah Indonesia dibandingkan kreasi lain yang meggunakan saus Salted egg ini.





-
salted egg chicken, foto: pinterest




Kandungan Salted egg Chicken





Selain karena rasanya yang unik dan enak, Salted egg Chicken ini memiliki banyak kandungan didalamnya. Telur asin sendiri memiliki kandungan tinggi akan kalsium dan zat besi. Sedangkan ayam, memiliki banyak sekali kandungan, yang terdiri dari kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan masih banyak lagi. Sehingga, untuk mengonsumsi hidangan ini, akan memberikan banyak sekali manfaat Kesehatan, salah satunya adalah mencegah osteoporosis. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, tentunya akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Dikarenakan, kadar garam yang terkandung di dalam satu butir telur asin sangat tinggi. Hal tersebut akan meningkatkan kadar garam dalam tubuh dan menimbulkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang memicu datangnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan masih banyak lagi.





Resep Salted Egg Chicken





Bagi para foodies yang penasaran dengan rasa dari kombinasi ayam dan telur asin ini, foodies bisa banget loh Cobain dirumah. Bahan-bahan yang digunakan tidak susah buat dicari kok, cukup siapkan ayam goreng dengan potongan sesuai selera, telur asin, daun kari, bawang putih, cabai, dan bumbu-bumbu dapur pelengkap lain. Untuk caranya cukup simple dan mudah. Pertama, foodies panaskan dulu menteganya, dan tumis bawang putih, cabai, serta daun kari hingga kecoklatan dan harum. Kemudian, campurkan telur asin, dan masukkan air serta susu supaya teksturnya sedikir creamy. Bumbui adonan tersebut dengan bumbu dapur, seperti garam, lada, penyedap rasa, dll. Terakhir, masukkan ayam goreng yang sudah disiapkan tadi kedalam bumbu, lalu aduk hingga rata dan tunggu sebentar sampai bumbunya meresap sempurna di dalam ayam.

Halaman:

Editor: Naila Maulida Ibriza - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X