Kue dolar kering crunchy, camilan legend masih eksis sampai sekarang

- Minggu, 5 September 2021 | 10:00 WIB


Siapa disini yang mau dolar? Ets tapi dolar yang dimaksud disini bukan uang, ya. Melainkan kue, wah unik banget ya. Kalian udah ada yang pernah nyobain kue dolar kering yang legend ini belum?





Kue dolar kering khas Balikpapan






Sahabat kulinear, kue dolar kering merupakan kue khas Balikpapan, Kalimantan Timur. Bentuknya yang tipis, sekilas membuatnya mirip dengan kue simping khas Jawa barat. Bedanya, kue dolar asli Kalimantan citarasanya lebih gurih.






Kira-kira kenapa kue ini disebut dolar? Camilan ini dinamakan kue dolar karena bentuknya yang bulat dan pipih seperti dollar. Nah, kalian pasti tahu kepingan koin dollar kan? Jadi bisa langsung membayangkannya.






Kue dolar kering diperkirakan sudah ada sejak tahun 1936. Kue tipis ini memiliki tekstur yang crunchy dan renyah. Teknik memanggang kue ini juga dengan alat tradisional yang unik. Alat ini bentuknya pipih seperti plat besi. Mula-mula adonan di taruh diatas alat tersebut, lalu tutup dan jepit dengan keras. Kemudian bentuk adonan akan menjadi pipih. Alat ini dulu mereka didapatkan dari Belanda.






Sahabat kulinear, bahan untuk membuat adonan kue dolar nggak susah-susah amat kok. Bahan yang digunakan antara lain tepung beras, telur ayam, kacang tanah dan gula pasir. Semakin kesini, kue dolar banyak varian rasanya. Misalnya kue dolar varian rasa kepiting. Untuk membuat varian daging kepiting, cukup pisahkan daging dari cangkangnya lalu dikukus deh.


Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X