Nasi pecel Madiun aneka sayuran disiram sambal kacang gurih, bikin nagih

- Selasa, 7 September 2021 | 08:00 WIB
madiunwisata_20210905_4
madiunwisata_20210905_4


Sahabat kulinear, saat kalian buru-buru dan nggak sempet buat sarapan di rumah. Tenang nih, kuliner ini bisa jadi solusinya yaitu pecel Madiun. Walaupun sederhana dan harganya murah, tapi jangan remehkan kenikmatannya. Nasi pecel nggak kalah lezatnya kok dengan menu sarapan yang modern itu. Tidak hanya sebagai menu sarapan saja, nasi pecel Madiun juga bisa dinikmati kapanpun. Aneka sayuran segar yang direbus dan disiram sambal kacang menjadi alasan utama mengapa orang-orang menyukainya.





nasi pecel Madiun ramai pembeli





-
Nasi pecel. Foto: Instagram





Bagi masyarakat pulau Jawa pasti sudah familiar dengan nasi pecel. Karena pecel ini sudah menjadi menu sehari-hari bagi mereka. Menu ini sangat populer khususnya di wilayah Jawa tengah, Jawa timur dan Yogyakarta.






Mengapa disebut pecel? Karena menurut babat tanah Jawa kata dipecel berarti sayur-sayuran yang direbus dan membuang airnya dengan cara diperas. Terlebih lagi jika menyantapnya dengan kerupuk atau aneka gorengan seperti mendoan atau bakwan, yummy bikin menggugah selera.





Dan khasnya lagi, nasi pecel Madiun masih menggunakan pincuk atau daun pisang sebagai alasnya. Warung makan nasi pecel ini selalu ramai diburu pembeli lho. Siap-siap ngantri deh untuk menikmati kelezatannya.






Sahabat kulinear, setiap daerah punya ciri khas kuliner nasi pecel. Kalau di Yogjakarta nasi pecel kerap disajikan dengan tempe dan tahu baceman. Nah, sedangkan pecel dari solo atau Madiun selain mendoan juga ada pelengkap peyek dan serundeng.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X