Mie habang khas Banjarmasin, warna merah menyala menarik perhatian

- Rabu, 8 September 2021 | 06:00 WIB
laurasblackpepper_20210907_4
laurasblackpepper_20210907_4


Sahabat kulinear, sudah pernah lihat mie yang berwarna merah menyala belum? Umumnya mie berwarna kuning atau putih, tapi mie ini unik karena warnanya yang berbeda dari yang lain, namanya mie habang.





Kalian tentu sudah tahu, kalau mie awal mulanya adalah berasal dari Tiongkok sejak 4000 ribu tahun silam. Sedangkan di Indonesia mie sudah dikenal sejak zaman Majapahit. Seiring berjalannya waktu, mie sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.





Mie tradisional yang enak dan bisa kalian coba ada mie ayam, mie Aceh, mie kocok, bakmie Jawa, mie lethek, mie soa, mie sagu, dan salah satu yang menarik perhatian adalah mie merah atau habang.





Mie habang unik khas Banjarmasin





-
Foto: Instagram





Sahabat, mie habang merupakan mie khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Mie habang atau mie merah penyajiannya sama seperti mie lainnya. Mie ini biasanya disajikan bersama bakso dan pangsit.






Katanya, warga Banjar menyukai kuliner dengan nuansa warna merah seperti mie ini. Dalam dunia kuliner, warna merah sendiri biasanya digunakan sebagai logo atau kemasan menarik. Warna ini lebih cepat menarik perhatian orang dan memiliki makna semangat yang menggebu-gebu. Sehingga, dapat membangkitkan selera makan.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X