Cinnamon roll, pastry manis asal Swedia yang terkenal di dunia

- Rabu, 8 September 2021 | 08:00 WIB
finenrolls_20210907_7
finenrolls_20210907_7


Sahabat kulinear, udah pernah coba pastry belum? Di berbagai negara punya aneka pastry, salah satunya cinnamon roll yang akan kita bahas. Cinnamon roll atau yang biasa disebut roti gulung kayu manis ini terbuat dari kayu manis, mentega, ragi, susu, gula, tepung terigu, dan telur.





Cinnamon roll atau kanelbulle





-
roti kayu manis. Foto: Instagram





Dahulu, roti ini kerap dikonsumsi untuk sarapan. Tapi, sekarang bisa dinikmati kapanpun, enak banget. Nah, setelah kita sering membahas kuliner tradisional, sekali-kali kita ke beralih ke makanan kekinian yuk. Roti gulung ini memiliki aroma harum yang khas karena terbuat dari rempah yaitu kayu manis. Citarasa roti ini tentunya manis, tapi nggak ngebosenin. Selain itu, teksturnya juga lembut banget. Walaupun begitu, bahan yang dibutuhkan tetap sama seperti membuat roti pada umumnya.





Sahabat kulinear, Cinnamon roll bukan asli dari Indonesia, melainkan pastry yang berasal dari Swedia. Biasa disajikan di Eropa Utara dan Amerika Utara sebagai menu sarapan.





Di Swedia, Cinnamon roll juga disebut kanelbulle yang berarti roti kayu manis. Di negara asalnya ada juga lho perayaan setiap tanggal 4 Oktober yang diberi nama national cinnamon bun day. Sampai sekarang kuliner ini tidak boleh terlewatkan oleh masyarakat Swedia.





Aneka topping yang lezat





-
Aneka topping. Foto: Instagram





Cinnamon roll juga ada aneka topping yang membuatnya lebih kekinian dan istimewa. Topping tidak hanya satu saja lho, ada cremchease, cokelat, tiramisu, greentea, dan selai kacang, yummy bingung pilih yang mana kan? Semuanya kesukaan penulis nih, kalau kalian lebih suka topping yang mana?
Untuk membuat roti gulung ini, kalian tidak perlu mengulangi dengan tangan. Cukup campurkan semua bahan menggunakan mixer sampai kalis.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X