Kenalan Sama Makanan Asal Jepang ini Yuk ; Takoyaki

- Kamis, 9 September 2021 | 17:00 WIB
Takoyaki jajanan khas Jepang. Foto:  ANTHR_Photoblog dari Pixabay
Takoyaki jajanan khas Jepang. Foto: ANTHR_Photoblog dari Pixabay


Foodies pasti sudah kenal sama makanan satu ini. Iya, Takoyaki. Takoyaki adalah makanan atau cemilan yang berasal dari Jepang, tepatnya di daerah Kansai. Cemilan ini berbentuk bola yang dibuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan potongan gurita. Cemilan ini bisa foodies temuin di pinggiran jalan  loh. Karena biasanya, cemilan ini dijual sebagai konsep “Street food.”





Takoyaki ini, biasa dijual dengan isian 5-10 buah. Tergantung ukuran yang disediakan. Penyajiannya pun menarik, biasanya ditaruh diwadah kotak kemudian ditaburi nori dan katshoubusi atau olahan ikan cakalang yang diasap dan diserut tipis-tipis. Takoyaki dimakan menggunakan tusuk gigi, tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan sumpit. Apalagi di negara asalnya, Takoyaki ini dimakan menggunakan sumpit sekali pakai, namun masih dalam kategori ramah lingkungan ya, karena bahan yang digunakan masih bisa di daur ulang.





Awalnya, Takoyaki disajikan menggunakan tusukan bamboo yang diisi 3 buah pertusuk. Hingga pada tahun 2000 pun masih dijumpai kios yang menjual Takoyaki dengan penyajian tersebut. Akan tetapi, sekarang kios tersebut sudah tutup dikarenakan usianya sudah terbilang tua sehingga, belum bisa melanjutkan jualannya.





Harga Takoyaki





-
takoyaki, foto: pinterest




Untuk harga dari Takoyaki sendiri bermacam-macam. Kalau di Jepang sendiri, satu set Takoyaki yang berisi 5-8 buah akan diberi harga 200 yen sampai 400 yen. Namun, jika ke Daerah Kansainya, akan lebih murah karena adanya persaingan ketat dalam penjualan makanan ini. Kalau di Indonesia, harga Takoyaki ini berkisar 15-30 ribu, tergantung ukuran dan isian yang ditawarkan tiap pedagang. Karena biasanya, ada yang menjual versi kecil yang tentunya akan diberi harga yang lebih terjangkau. Namun, ada pula yang berani berinovasi dengan memberikan ukuran yang besar dan isian yang royal dengan harga yang lebih tinggi pula.





Takoyaki ini dijadikan sebagai makanan kebanggaan warga Osaka loh. Biasanya, mereka menjadikan makanan ini sebagai lauk yang dimakan dengan nasi putih atau bisa juga dengan dipanggang.

Halaman:

Editor: Naila Maulida Ibriza - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X