Tteokbokki Makanan Sehari-hari Warga Korea

- Kamis, 9 September 2021 | 17:30 WIB
markus-winkler-n-E0XNnGc-Q-unsplash
markus-winkler-n-E0XNnGc-Q-unsplash


Pecinta korea, pasti sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Makanan yang sering muncul di film atau drama-drama korea yang sering di tonton sama remaja-remaj penggila Korea. Ttekobokki Namanya. Tteokbokki ini merupakan makanan Korea yang berupa tteok (tepung beras yang dibentuk lonjong dan direbus) yang diberi bumbu gochujang (bumbu khas korea yang memiliki rasa pedas dan manis). Makanan ini sudah menjadi makanan dengan taraf Internasional. Karena rasa dan tekstur yang terdapat di makanan ini cocok dinikmati hampir masyarakat di seluruh dunia.





Nama tteokbokki di Korea juga biasa disebut dengan Pojangmacha. Makanan ini lumrah ditemui di pinggiran jalan. Entah berupa kedai biasa, tenda atau bahkan restoran yang hanya menyediakan makanan tteokbokki ini. Di Indonesia pula, makanan ini sudah menjadi santapan rutin dengan menikmati drama Korea. Alasannya karena biar bisa ngerasain juga suasana dari cerita di drama tersebut.





Sejarah awal mula Tteokbokki Korea





-
tteokbokki, foto: pinterest




Menurut sejarahnya, tteokbokki muncul pertama kali di penghujung era Dinasti Joseon. Di sebuah buku yang disebut “Siui Jongseo.” Namun, berdasarkan fakta yang ada, Tteok diproduksi sebelum periode tiga kerajaan. Yang mana dalam periode tersebut mendorong untuk munculnya asumsi bahwa eksistensinya jauh lebih Panjang dari era Dinasti Joseon.





Tteokbokki juga ditemukan di sebuah catatan medis yang berbentuk buku dengan judul “Shingnyo Chanyo.”





Di buku tersebut dituliskan oleh seorag tabib pada era Dinasti Joseon yang bernama Jeon Sunui. Tujuan penulisan buku ini adalah untuk menyembuhkan orang-orang melalui makanan dan makanan yang terpilih kala itu adalah Tteokbokki.

Halaman:

Editor: Naila Maulida Ibriza - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X