Ayam goreng lengkuas khas Minangkabau krispy dan bumbu rempah meresap

- Kamis, 9 September 2021 | 18:00 WIB
betty_cenn_20210909_12
betty_cenn_20210909_12


Kuliner berbahan dasar ayam memang semuanya enak. Ada beragam olahan dari ayam yang menggugah selera mulai dari yang tradisional hingga modern. Daging ayam juga banyak digunakan sebagai campuran masakan. Dagingnya sebenarnya sudah memiliki rasa yang enak tanpa dibumbui apapun, seperti hanya digoreng saja pun sudah enak. Tapi, aku ada referensi olahan ayam yang jangan sampai dilewatkan, namanya ayam goreng lengkuas.





Ayam goreng lengkuas gurih dan aromatik





-
Ayam goreng lengkuas. Foto: Instagram





Ets, tapi jangan salah ini bukan sekedar ayam goreng biasa. Ayam goreng ini dibumbui bumbu rempah berwarna kuning yang semakin menggugah selera. Lebih nendang lagi, karena ada pendamping sambal bawang yang ektra pedas.






Sahabat, ayam goreng lengkuas merupakan makanan khas Minangkabau yang sudah menyebar hingga ke seluruh wilayah Nusantara. Kalau orang Minang sering menyebutnya ayam lengkueh.






Kalian tahu ayam kremes yang kita kenal sekarang? Nah, awalnya olahan ayam tersebut terinspirasi dari ayam goreng lengkuas lho. Ayam ini memiliki citarasa yang gurih dan aromatik. Sebelum dimasak ayam harus diungkep dulu bersama bumbu-bumbu dasar seperti bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, kemiri, garam dan lada.





Semua bumbu tersebut diuleg dan dilumurkan pada daging ayam. Karena namanya ayam lengkuas, jadi penggunaan rempah lengkuas atau Laos harus lebih banyak dibandingkan bumbu lainnya.
Proses marinasi dengan aneka bumbu rempah tersebut yang membuat citarasa ayam ini begitu lezat dan aromatik. Warna kuning pada ayam ini membuat kita ingin segera mencicipinya.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X