Soto sadang Purwakarta yang legendaris, cocok di lidah orang Indonesia

- Kamis, 9 September 2021 | 19:00 WIB
icipkakak_20210909_5
icipkakak_20210909_5

Sahabat, siapa disini yang suka makan soto karena kuahnya yang gurih dan segar. Nusantara memang memiliki beragam kuliner soto yang lezat-lezat. Soto sendiri merupakan makanan dari Indonesia yang paling banyak variannya. Hampir setiap daerah memiliki hidangan soto dengan variasi yang berbeda dari segi bahan maupun bumbunya. Nah, soto sadang Purwakarta jangan sampai di skip. Soto yang legendaris ini bisa kalian dapatkan di rumah makan tepatnya di jalan veteran, Sadang Purwakarta. Nama Sadang diambil dari nama sebuah daerah tempat menjualnya.

Soto Sadang Purwakarta dengan rempah-rempah yang kuat

-
kuah bening. Foto: Instagram

Soto Sadang Purwakarta dikenal sebagai soto legendaris karena sudah beroperasi sejak tahun 1970 an lho. Jadi, tidak heran kalau warung ini punya banyak pelanggan setia karena rasanya dari dulu hingga sekarang selalu enak dan tetap terjaga. Bahkan, sekarang penjualnya sudah sampai ke generasi ketiga.

Kuah soto disini bisa kalian pilih sesuai selera lho. Ada kuah dari santan yang berwarna kuning pucat dan kuah bening. Kalau kalian tidak suka santan, bisa pilih kuah yang bening. Tapi tenang, walaupun bening tidak membuat rasa gurihnya hilang, karena terbuat dari rebusan tulang daging selama berjam-jam lho.
Kuah soto sadang terbuat dari rempah yang kuat, dijamin mantul. Harganya juga masih terjangkau yaitu masih dibawah 50 ribu alias 30 ribuan aja. Rasanya yang gurih sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Isian soto yang beragam

Untuk isian sotonya juga beragan, kalian bisa pilih sesuai selera yaitu ada daging sapi, babat, iso dan kikil. Sekarang kita intip bumbu-bumbunya yuk, siapa tahu ada yang mau mempraktekkannya di rumah.

Nah, bumbu rempah yang digunakan ada santan, kuah kaldu dari perebusan tulang daging, kunyit, lengkuas, batang sereh, daun salam, kemiri, bawang putih, bawang merah, garam dan gula.
Sebelumnya bumbu harus diuleg dahulu kemudian ditumis sampai harum. Setelah itu, tuangkan air kaldu, santan dan masukkan bumbu halusnya. Aduk-aduk sampai merata dan santan tidak pecah ya. Sebaiknya santan yang dipakai harus yang kental ya.


Nah, tinggal disajikan bersama bahan pelengkap lainnya, seperti daun bawang, bawang goreng, potongan daging sapi, kerupuk emping dan irisan tomat. Sedangkan untuk membuat kuah bening, santan kental tinggal di skip saja. Daging mengandung protein yang bisa memperbaiki sel tubuh yang rusak. Untuk yang berkuah santan, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang benar ya, karena santan dapat memicu kolesterol.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X