Strudel pisang oleh-oleh khas Lumajang, pastri favorit orang Eropa

- Jumat, 10 September 2021 | 11:00 WIB
aidiskitchen_20210909_4
aidiskitchen_20210909_4


Sahabat kulinear, ada beragam olahan pisang yang bikin ngiler. Selain banana pisang roll cake ada olahan pisang yang super lezat dan hits namanya strudel pisang. Strudel pisang khas Lumajang menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak diminati. Lumajang yang terkenal dengan kota pisang, karena ketersediaan buah pisang yang melimpah.





Jenis pastry ada sejak kekaisaran Habsburg





-
Strudel. Foto: Instagram





Strudel merupakan kuliner yang biasanya disajikan oleh orang-orang penting atau istimewa pada kekaisaran Habsburg, kemudian sudah tersebar sampai keluar istana. Seperti Austria, Jerman selatan, dan negara Eropa lainnya yang membantu ketenaran strudel di awal kemunculannya. Bahkan di sana studel menggunakan cherry, berbagai jenis buah dan sayur sebagai isiannya.






Oleh karena itu, pemilik strudel pisang mencoba berinovasi. Strudel pisang lalu dikembangkan dan terkenal sampai sekarang. Strudel adalah kue berlapis yang terdiri dari pastry berlapis yang diisi aneka buah-buahan. Ada kurang lebih 6 varian rasa yang bisa kalian coba, yaitu strudel pisang, durian, cokelat dan lainnya. Kuliner pisang di kabupaten Lumajang sudah berdiri sejak 2017.






Sahabat kulinear, strudel sendiri merupakan makanan favorit orang-orang Austria, Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. Kalau strudel di Jerman isiannya buah apel. Kalau strudel Lumajang isian yang dipakai adalah jenis pisang kepok, yaitu pisang khas lereng gunung Semeru. Meskipun harga pisang kepok cenderung lebih murah dibandingkan jenis pisang lainnya.





Tapi, soal kandungannya jangan diremehkan. Pisang kepok yang kaya sodium dan kalsium, pisang ini bisa mencegah mencegah naiknya tekanan darah yang ekstrim. Selain itu, juga bisa menjaga penglihatan agar tetap jernih dan cerah.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X