Pindang kerbau sajian legendaris khas Kudus yang gurih dan segar

- Kamis, 16 September 2021 | 18:30 WIB
bejokul.id_20210916_0
bejokul.id_20210916_0


Sahabat kulinear, ada sajian yang nggak boleh kita lewatkan saat mampir ke kota Kudus. Hidangan ini mirip rawon karena sama-sama memiliki kuah yang pekat dan terbuat dari daging kerbau. Kuliner pindang kerbau yang legendaris asal Kudus Jawa tengah ini maknyus banget. Kudus kota kretek ragam kulinernya emang nggak pernah mengecewakan.






Dahulu, kota Kudus menganggap sapi sebagai hewan suci dan sebagai bentuk toleransi antar umat beragama. sehingga, menggunakan daging kerbau sebagai gantinya.





Pindang kerbau mirip rawon






https://www.instagram.com/p/Bz5VijxgTl8/?utm_medium=share_sheet
Pindang kerbau. Foto: Instagram





Sahabat, kuah pada pindang kerbau ini memang tidak sepekat kuah rawon. Selain isian daging kerbau, ada juga daun so atau melinjo yang membuat sensasi rasanya semakin segar. Ciri khas dari kuliner legend ini adalah alas yang piringnya masih menggunakan daun pisang.





Tenang aja, walaupun potongan dagingnya besar, tapi teksturnya tetap empuk kok. Bumbu dalam daging juga meresap sempurna, emang paling pas disajikan saat lebaran atau ada tamu yang datang berkunjung.
Kuahnya juga tidak terlalu kental, sehingga ringan di lidah. Meski begitu, sajian ini kaya akan rempah dan gurih lho. Adanya daun so atau melinjo di dalamnya membuat sentuhan rasa menyegarkan ala dedaunan.





Kuliner legendaris yang mudah dijumpai






Sekarang tidak perlu menunggu ada hajatan atau acara penting. Pindang kerbau bisa kalian nikmati kapanpun. Warung makan yang menjual hidangan ini juga banyak. Jadi, sangat mudah dijumpai di kota Kudus. Apalagi kota ini terkenal dengan destinasi wisata yang menyejukkan.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X