Kaldu kokot sajian unik dengan campuran bubur kacang hijau khas Sumenep

- Kamis, 16 September 2021 | 19:00 WIB
kulinernya_fre_20210916_1
kulinernya_fre_20210916_1


Sahabat kulinear, udah pernah coba bubur kacang hijau tapi dimasak dengan kokot atau kaki sapi? Kalau biasanya kan, bubur kacang hijau disantap bersama santan kental. Tapi, hidangan satu ini unik dihidangkan bersama kaldu kokot, wah kira-kira rasanya bakalan cocok nggak ya? Nah, simak ulasannya berikut.





Kaldu kokot khas Madura





-




Sahabat, kaldu kokot merupakan kuliner unik khas Madura. Kokot sendiri adalah kaki bagian bawah sapi dan kambing. Kalau kita lebih akrab dengan sebutan kikil. Kuliner ini termasuk dalam jenis sop kikil yang kental. Uniknya makanan khas ini menggunakan bubur kacang hijau sebagai campurannya.





Hidangan ini memang paling cocok untuk kalian yang akan beraktivitas sepanjang hari. Karena mengenyangkan dan mengandung nutrisi. Bagi masyarakat Sumenep hidangan kaldu kokot sering disantap untuk sarapan pagi.





Tapi, kalau kalian ingin mengkonsumsinya sebagai makan siang atau malam juga tetap nikmat kok. Makanan ini sebenarnya mirip dengan bubur kacang hijau, tapi dalam versi yang gurih dan berbumbu.





Pelengkap petis tidak boleh ketinggalan





Sajian kaldu berasal dari bahasa Madura yaitu dari kata “ekakal” dan “esodu”. Ekakal artinya menggodok atau merebus. Sedangkan esodu artinya disendok. Jadi, sajian kaldu mengandung arti segala masakan yang direbus lama, kemudian menyantapnya dengan cara disendok.

Halaman:

Editor: Putri Dea Nabil Latifah - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X