Sate tulang leher ayam khas Banjar, unik dan mulai langka

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 08:00 WIB
erlinaskitchen_20211001_0
erlinaskitchen_20211001_0


Sahabat kulinear, biasanya sate terbuat dari daging. Tapi sate kali ini terbuat dari tulang leher ayam lho. Wah, kira-kira teksturnya bakalan keras nggak ya. Ets tunggu dulu, sekarang kita coba simak penjelasannya berikut yuk. Sate tulang leher ayam merupakan sate khas dari Banjar.





Sate tulang khas Banjar





-
foto: Instagram




Sayangnya, sate ini sudah mulai langka nih. Dari segi bentuknya, sate ini sekilas mirip dengan sate lilit khas Bali. Hanya saja, bedanya sate lilit menggunakan batang sereh sebagai penusuknya. Sedangkan sate tulang menggunakan tusukan sate pada umumnya.





Dahulu tulang leher ayam dipotong dan dicacah sebelum dimasak. Nah, sekarang daging tulang leher ayam bisa digiling dahulu dan dibuat menjadi sate yang lezat. Bahan yang digiling ada leher, kulit dan daging ayam. Supaya lebih mudah untuk dibentuk, bahan gilingan ini harus dicampur dengan telur ayam dan tepung terigu.





Bentuk kreatifitas orang dahulu





Sahabat kulinear, sate tulang leher ayam ini bisa dibilang hasil akulturasi dari masakan khas Banjar dengan sate khas Madura. Perpaduan masakan ini adalah bentuk kreativitas orang Banjar zaman dulu. Masyarakat Banjar tidak suka menyia-nyiakan bahan makanan yang masih bisa diolah. Termasuk leher ayam yang biasanya dibuang begitu saja. Sehingga jadilah kuliner yang lezat banget.





Sahabat, Daging tulang leher yang sudah digiling lalu dibentuk bulat memanjang kemudian dikukus. Untuk mematangkannya butuh waktu sekitar setengah jam. Sate sendiri tidak lengkap rasanya kalau tanpa sambal kacang.

Halaman:

Editor: Khamidatun Nafiah

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X