Kue lumpang legendaris yang manis dengan aneka warna cantik

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 10:00 WIB
susan_gracia_20211001_6
susan_gracia_20211001_6


Sahabat kulinear, ada kue tradisional dari Palembang yang membuat kita tertarik karena tampilan warna yang cantik. Namanya adalah kue lumpang, kue cantik termasuk kue yang sudah jarang ditemukan lho. Wah sayang banget nih, padahal kue ini enak dan lembut banget lho.





Kue lumpang ada sejak puluhan tahun lalu





-
Foto: Instagram




Sahabat kulinear, dari segi bahan, tekstur dan bentuknya mirip dengan kue talam yang ada di Jawa. Disebut kue lumpang karena pada bagian tengah kue ini terdapat cekungan atau lumpang. Lumpang adalah alat tradisional yang digunakan untuk menumbuk padi.





Pada zaman dulu lumpang sering digunakan masyarakat untuk memisahkan beras dari padi. Sahabat, kue legendaris ini diperkirakan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu lho, kira-kira 80 tahunan. Karena kue ini sudah jarang ditemukan, gimana kalau kita intip proses pembuatannya yuk, biar kita bisa buat sendiri di rumah.





Menggunakan campuran kapur sirih





Nah, bahan utama yang digunakan adalah tepung beras, tepung maizena atau jagung, kelapa parut yang sudah dikukus sebelumnya, air gula aren, air gula pasir, dan kapur sirih. Langkah pertama adalah campurkan dahulu tepung beras dan air gula pasir. Kemudian campurkan tepung maizena, dan sedikit kapur sirih.





Selanjutnya, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan beri masing-masing pewarna, seperti gula aren sebagai pewarna cokelat dan bisa juga tambahkan warna-warna pelangi. Tinggal dituangkan kedalam cetakan dan kukus hingga matang.

Halaman:

Editor: Khamidatun Nafiah

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X