Nikmatnya kuliner murah orem-orem tempe yang disiram kuah santan

- Senin, 4 Oktober 2021 | 19:15 WIB
Orem-orem tempe. Foto: Wikipedia
Orem-orem tempe. Foto: Wikipedia


Halo arek Malang !! Coba sebutkan kuliner kota Malang yang paling berhasil memikat kalian karena rasanya yang super enak. Hmm, mungkin jawabannya beda-beda ya guys tergantung selera masing-masing. Tapi, ada satu jenis kuliner Malang yang nggak boleh banget kamu lewatkan. Kuliner ini adalah Orem-Orem Malang, bukan arem-arem lho ya...





Bahan utama





Orem-orem merupakan kuliner khas Malang, Jawa Timur yang terdiri dari tempe, tauge, ketupat atau lontong, ayam, dan telur asin, yang kemudian disiram kuah kental dari santan.






https://www.instagram.com/p/CDNeAa7JDD4/
Orem-orem. Foto: Instagram




Layaknya kuliner Malang pada umumnya yang berbahan utama tempe seperti keripik tempe, orem-orem juga meletakkan ciri khas utamanya pada potongan tempe kukus setengah matang. Orem-orem menawarkan cita rasa lezat mirip sayur lodeh dari kuahnya yang berwarna kekuningan. Dalam seporsi orem-orem juga ditambahkan bawang goreng dan kerupuk.





Orem-orem Malang Legendaris





Usut punya usut, ternyata orem-orem adalah kuliner legendaris Malang karena sudah ada sejak tahun 1980-an lho. Dulu orem-orem sudah biasa disajikan saat ada acara hajatan, syukuran, dan pernikahan di kalangan masyarakat.





Lalu pada tahun 1983, orem-orem mulai dikenal lebih luas lagi dan tak sebatas jadi hidangan hajatan saja guys, melainkan sudah banyak menjamur dijual di warung atau gerobak keliling. Sampai sekarang, orem-orem berhasil mempertahankan ke-eksistensiannya di tengah pesatnya globalisasi.

Halaman:

Editor: Rosita Maela Sari - Kulinear.ID

Tags

Terkini

Pisang aroma, camilan enak dan simpel buat temen ngopi

Sabtu, 18 September 2021 | 08:00 WIB

Menguak berbagai pro kontra pada semangkuk swike nikmat

Sabtu, 18 September 2021 | 06:00 WIB
X