Traktir

Wingko pizza oleh-oleh khas Lamongan, dengan aneka topping hits

masyarakat Indonesia pasti sudah familiar dengan wingko yang sering dijadikan oleh-oleh khas. Wingko yang biasanya sering kita makan adalah wingko babat. Tapi, ada yang menarik dengan wingko yang akan kita bahas. Wingko yang notabenenya adalah kuliner tradisional tapi dikemas dengan cara modern, namanya wingko pizza. wah unik sekali bukan, pizza kuliner western bisa dipadukan dengan wingko. Jadi, seperti apa ya kira-kira rasanya, apakah dominan rasa wingko atau pizza, hm jadi penasaran banget kan?.

Wingko pizza khas Lamongan

pizza wingko. Foto: Instagram


Untuk membuat wingko khas Lamongan ini mula-mula campurkan bahan seperti telur ayam, garam dan gula. Bisa menggunakan mixer atau tangan yang lapisi plastik. Dan campurkan bahan utama untuk membuat wingko yaitu kelapa parut muda.


Dalam pembuatan wingko, jangan gunakan kelapa parut yang sudah tua ya. Karena tekstur adonan bisa menjadi keras, teras kurang enak dan pahit ketika dikonsumsi. Selanjutnya, campurkan tepung terigu sampai adonan rata dan tidak ada yang menggumpal. Saat membuat wingko, jangan sampai tekstur adonan terlalu kering ya. Kalianpun bisa menuangkan air kelapa sedikit demi sedikit.


Setelah itu, tinggal masak deh dengan teflon anti lengket. Saat sudah setengah matang, lalu taburi dengan aneka topping. Bisa taburkan kacang, cokelat, meises, dan keju. Nah, selanjutnya tutup dengan adonan wingko lagi.

Proses memasak lumayan lama


Untuk memasaknya sendiri juga perlu waktu lumayan lama nih, yaitu sekitar satu jam untuk menghasilkan pizza wingko yang matang merata. Nah, setelah matang wingko harus didiamkan kurang lebih 10 menit. Tambahkan kembali aneka topping diatasnya lalu potong-potong segitiga seperti pizza pada umumnya. Ets, udah keburu ngiler ya? Sayangnya wingko belum bisa dimakan nih hehe. Wingko harus dipanggang kembali dengan oven agar matangnya merata.


Sajikan wingko selagi hangat nih, hmm yummy. Walaupun bahannya seperti wingko pada umumnya, tapi topping pada wingko ini memberikan sensasi rasa yang kaya dan berbeda. Walaupun namanya pizza wingko, tapi keaslian rasa wingko tidak hilang dari sajian ini. Dapat banget deh pokoknya rasa tradisional dan modern nya.


Wingko ini emang cocok kalau dimakan bersama teh atau kopi. Kalianpun bisa dengan mudah membuatnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga simpel kan? Walaupun proses memasaknya dilakukan dengan beberapa tahapan, mulai dari memanggang terlebih dahulu diatas teflon dan oven, tapi sensasi rasanya tidak akan mengecewakan kok.

Untuk ulasan kuliner inspiratif lainnya, yuk follow Kulinear (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button