Resto

Wisata kuliner bareng Toyota Raize, battle 4 sate bandeng legendaris di Banten

Wisata ke Banten tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Banten punya banyak menu berbahan dasar ikan bandeng. Hal itu lantaran warga Serang di kawasan utara memiliki tambak bandeng.

Selain di presto dengan bumbu kuning, bandeng kerap disajikan dengan menu pindang. Yang tak kalah laris adalah sate bandeng khas Serang.

Bentuk sate bandeng ini terbilang unik karena isian daging dikeluarkan dari badan bandeng dan dipisahkan dari duri. Daging lantas dicampur adonan dan dimasukkan lagi ke kulit ikan bandeng kemudian dibakar.

Bumbu yang digunakan juga kaya, di antaranya bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, lengkuas, santan, hingga rempah-rempah seperti ketumbar, lada dan jinten.

Pedagang sate bandeng di Banten cukup banyak seperti jamur di musim hujan. Biasanya para pedagang ini menjajakan bandengnya di etalase kaca.

Selain itu pengemasannya juga umumnya dengan plastik vakum, sehingga sajian ini awet dan praktis dibawa sebagai oleh-oleh.

Kali ini Kulinear-Hops bareng Toyota Raize keliling Serang Banten sambil menikmati kuliner khas kota tersebut. Sengaja berangkat lewat tol Jakarta-Merak, tim HOPS merasakan nyamannya berkendara antar kota dengan menumpang Toyota Raize.

Setelah menempuh jarak 155 kilometer kami mencoba berkeliling dan mengadu 4 jenis sate bandeng khas Serang yang banyak diburu wisatawan. Mana yang paling enak? Simak ulasannya yuk.

Sate Bandeng Hj. Maryam

Salah satu yang legendaris adalah sate Bandeng Hj Maryam lokasinya ada di Jalan Kruju, Kaujon Tengah. Kuliner ini termasuk legendaris di Banten karena telah berdiri sejak 1970-an.

Saat ini warung tersebut dikelola oleh cucunya yang bernama Dhea Rahmat. Dengan resep turun temurun, sate bandeng Hj Maryam tersedia dalam dua varian rasa. Original dan pedas yang harganya dibanderol Rp30.000.

Sate Bandeng Ibu Aliyah

Yang tak kalah pamor adalah sate bandeng Ibu Aliyah. Kuliner Banten ini dirintis oleh Ibu Aliyah dan suami sejak tahun 1989.

Cita rasa yang ditawarkan tak pernah berubah dan masih disukai oleh penggemarnya. Menariknya, kini sate bandeng bisa dibeli di banyak toko oleh-oleh bahkan supermarket, dan sudah banyak juga beredar di Jakarta lho, karena dikemas tahan lama.

Sate Bandeng Kang Agus

Nah, sate kang Agus ini cukup terkenal. Namun sayangnya agak sulit mencarinya lantaran ditemukan karena berpindah-pindah. Biasanya sate bandeng kang Agus bisa disajikan di tempat apalagi ketika disantap dengan nasi hangat serta sambal istimewa.

Varian yang disediakan ada pedas dan original dengan bagian tulang yang lunak. Meski sedikit sulit ditemukan, namun kamu bisa berkeliling kota Banten dengan nyaman karena berkendara dengan Toyota Raize.

Selain itu sate pak Agus juga bisa kamu beli online lho, jadinya bagi kamu yang tak sempat wisata kuliner bisa membelinya secara online.

Sate Bandeng Ibu Amenah

Tak jauh berbeda dengan Kang Agus, Ibu Amenah juga menjajakan Sate Bandeng buatannya di media online. Dibanderol dari harga Rp30.000-an, sate bandeng Ibu Amenah banyak diburu pelanggan.

Selain bumbunya yang meresap hingga bagian terdalam, tak ada duri yang tersisa di daging bandengnya. Tentu pas banget disantap saat hangat.

Karena bertulang lunak, sate bandeng khas Banten ini dapat dikonsumsi oleh segala usia.

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button