Traktir

Yoghurt: susu fermentasi favorit menjadi olahan serbaguna

Makanan atau minuman sehat merupakan dambaan semua orang, apalagi dibeli dengan harga yang murah. Tak lupa dengan itu, citarasa yang enak menonjolkan makanan atau minuman tersebut banyak dilirik peminat kuliner. Naahh pembahasan yang akan kita bahas kali ini adalah yoghurt. Pasti kalian tidak asing kan?

Apa itu yoghurt?

Yoghurt merupakan produk hasil fermentasi dari susu segar dan bibitnya. Produk tersebut menghasilkan rasa asam dan tentunya mempunyai cita rasa yang khas, ya. Berdasarkan cita rasa yang dihasilkan, susu fermentasi ini dibedakan menjadi dua yaitu yoghurt sederhana dan berasa buah. Yoghurt sederhana menonjolkan cita rasa asam yang kuat, sedangkan yang berasa buah menonjolkan rasa buah yang ditambahkan seperti sari buah, zat pewarna, ataupun yang lainnya. Tujuan dari fermentasi ini adalah supaya susu tersebut bertahan lama dan bisa dinikmati kapan saja.

Bagaimana cara membuat yoghurt rumahan?

Bahan yang diperlukan untuk membuat susu fermentasi ini adalah 500 ml susu segar atau full cream dan 2 sdm yoghurt plain atau bibitnya. Cara membuatnya pun tergolong mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama loh. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memanaskan susu hingga mendidih kemudian biarkan hingga dingin. Lalu masukkan bibitnya dan aduk rata. Tuangkan ke dalam thermos dan diamkan di tempat hangat selama 12 jam. Setelah itu pindahkan ke dalam wadah (kalian juga bisa menambahkan cita rasa sesuai selera seperti zat warna ataupun sari buah kesukaan). Langkah terakhir yaitu simpan di kulkas selama kurang lebih 3 jam.

yoghurt. foto: instagram

Sebagai campuran olahan serbaguna

Selain bisa dinikmati secara langsung, susu fermentasi ini juga bisa dicampurkan dengan olahan makanan atau minuman lain loh. Jangan khawatir karena justru malah menambah citarasa semakin enak. Makanan atau minuman yang bisa dicampurkan yaitu seperti es buah, roti bakar, quick bread, cake, es krim, dan masih banyak lagi. Sooo silahkan mencobaa

Sekarang kalian tahu kan informasi di atas, untuk informasi seputar makanan lainnya silahkan follow Hops.id (TCT)

Lainnya

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button